Senin, 14 November 2011

DESA KU

DUSUN KEDUNG 1 
KELURAHAN KARANG TENGAHG
WONOSARI GUNUNGKIDUL, YOGYAKARTA
Selamat datang pengunjung blog........ disini saya akan berbagi cerita tentang asal mula, potensi, Pendidikan, Penduduk dan Kebudayaan yaitu:
    1. Asal mula Dusun Kedung. Dahulu kala sekitar sungai yang bernama sungai lempir terdapat sebuah cekungan yang disebut oleh orang jawa yaitu kedungan. Kedungan tersebut cukup dalam dan deit air yang sangat kuat. Orang atau penduduk sekitar percaya jika disitu terdapat penjaga atau penghuni yang di sebut mbok loro samirah akibatnya dari semua itu dusun kedung memiliki sungai yang airnya sangat jernih, lingkungan pertanian yang subur dan kebutuhan air tercukupi. Sehingga dusun tersebut dinamakan dusun Kedung karena terdapatnya kedungan air yang dalam.
    2. Potensi Dusun Kedung . Dusun Kedung berpotensi sekali dalam bidang kerajinan yaitu industri pande besi yang hasil karyanya sudah menyebar di seluruh indonesia. Kegitan  pande besi  tergolong agak berat karena mengubah sebuah besi menjadi barang yang yang berguna untuk kehidupan masyarakat, terutama masyaraskat pertanian. karena hasil industri pande dusun kami berupa alat pertanian & lainya. Contohnya: sabit, palu, gatol, pisau, pedang, gobang, pisau penyembelihan, kampak, dan masih banyak lagi. Tidak hanya satu dua orang di dusun Kedung yang membuka usaha pande besi tetapi hampir setiap rumah mereka membuka usaha tersebut. Namun, persaingan jualnya juga lumayan ketat pemasaran produk terbesar adalah kawasan Klaten dan Delanggu Jawa Tengah dan dari kleten di pasarkan ke jakarta, kalimantan, jawa timur, dll. Tidak cukup sampai disitu pemasaran produk juga tersebar keseluruh daerah, bahkan sering mendapat undangan untuk mengikuti pameran di berbagai tempat yang di selenggarakan oleh dinas PERINDAKOPTAM privinsi.
    3. Penduduk dusun Kedung. Penduduk dusun Kedung rata-rata berkelas ekonomi menengah kebawah. Penduduk dusun kedung selain berindustri Pande besi , Tani, dan menambang batu yaitu merantau. Perantauan terbesar yaitu ke Jakarta di sana kebanyakan mereka sukses dengan bidangnya masing-masing yang ditekuninya. Penduduk Kedung mayoritas beragama islam dan situasi kondisi di sini cukup kondusif. Masyarakat di Kedung akan kesehatan dan Mereka sangat mengutamakan gotongroyong untuk menyelesaikan /mengerjakan pekerjaan-pekerjaan Dusun contohnya: Pembangunan jalan, masjid,dll mereka kerjakan bersama.
      1. pendidikan. Di dusun kami terdapat TK & SD yang mutu pendidikanya terjamin selain itu di sini juga terdapat paut myang mendidik anak-anak cerdas dan kreatif. Sebagian besar penduduk berpendidikan sampai tingkat SLTP. Kurangya kesadaran & pemahaman di bidang pendidikan mungkin menjadi faktor utamanya. dan faktor berikutnya yaitu kurang mampu. Tidak adanya dukungan dari orang tua , dan tidak terancangnya sebuah cita-cita masa depan. Rata-rata penduduk setelah lulus SLTP hanya bertumpu pada industri pande besi. Tetapi banyak juga yang mahu melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi untuk meraih kesuksesan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar