Selasa, 12 Oktober 2010

Mengatasi Rambut Rontok

 Dear M@trus disitubondo, kerontokan merupakan proses alamiah yang di alami rambut kita, karena rambut tumbuh , berkembang melalui tahapan-tahapan tertentu, kemudian mati. Dalam setiap harinya pasti selalu ada rambut rontok dari kulit kepala kita. hanya saja bila jumlah yang rontok melebihi100 helai dalam sehari, kita harus memberikan perhatian khusus karena hal tersebut mengindikasikan kerontokan yang tidak normal. kalau di biarkan terus terjadi , bisa timbul kebotakan.
  untuk mengatasi masalah rambut rontok, sebaiknya kita coba mengetahui penyebab kerontokan itu sendiri supaya penanganan yang di lakukan tepat. terdapat banyak faktor yang menyebabakan kerontokan rambut diantaranya: penggunaan shampoo/ kosmetika rambut yang tidak tepat dengan jenis rambut, keadaan kulit kepala yang tidak sehat (terlalu lembab,ketombe berlebihan,berbagai infeksi karena jamur/bakteri, penyakit kulit tertentu seperti psoriasis dll).
  Gangguan hormonal yang dapat terjadi karena penyakit tertentu, stess fisik atau psikis juga dapat memicu kerontokan rambut. Beberapa penyakit lain seperti tifus, kekurangan mineral dalam makanan yang di konsumsi,atau terlalu banyak mengonsumsi vitamin A juga dapat menjadi penyebab kerontokan. selain itu faktor keturunan, kebiasaan buruk menarik-narik rambut, mengucir rambut terlalu sering pun dapat menjadi biang keladi kerontokan.
  Nah, sekarang coba kamu renungkan diantara penyebab yang telah disebutkan itu, apa saja yang sesuai dengan kondisi kamu? setelah itu kamu perkirakan, di antara berbagai penyebab tersebut adakah yang mungkin bisa kamu atasi sendiri? bila karena pemakaian shampoo/kosmetika rambut yang kurang tepat kamu bisa memilih kosmetik yang lebih sesuai, lakukan keramas teratur, baik juga kalau dilakukan pijatan pada kulit kepala atau creambath. cobalah beraktivitas dan beristirahat secara teratur,mengonsumsi makanan yang gizinya lebih seimbang, hindari stress, demikian seterusnya.
  Bila kamu merasa kesulitan mengatasinya sendiri , cobalah berkonsultasi dengan ahli perawatan rambut , dokter, atau ahli kulit untuk mencari solusi penyebab kerontokan rambutmu. sementara itu rambut yang bercabang biasanya terjadi karena pecahnya ujung rambut terlepas akibat perlakuan yang berlebihan pada rambut, misalnya karena menyisir terlalu kuat atau kasar (apalagi basah) penggunaan alat pengering rambut (hair dry) terlalu sering , proses pengeritingan / pelurusan rambut.
penggunaan kosmetik rambut (shapoo,conditioner,zat pewarna rambut ,dll) yang kurang tepat dapat juga menyebabkan rambut bercabang. untuk mencegah rambut bercabang ,otomatis kamu harus berusaha menghindari perilaku diatas.

( sumber: ANIDA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar